banner.jpg

Muslimat Jateng Kampanyekan Program KB

MAGELANG - Pengurus Muslimat NU ikut mengampanyekan program keluarga berencana (KB). Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 163.172 warga NU Jawa Tengah diharapkan ikut program ini. Untuk itu, Muslimat NU Jawa Tengah menggelar safari program KB mulai 6 Februari sampai 25 Februari mendatang. Program KB ini tidak hanya ditujukan kepada kaum wanita namun juga laki-laki.

"Program ini kami gelar di 35 kabupaten dan kota atau 38 cabang Muslimat NU di Jawa Tengah," kata Bidang Sosial Yayasan Kesejahteraan Muslimat (YKM) NU Jawa Tengah, Faizah Idris, Senin (20/2).

Dia mengatakan, Muslimat ikut menyukseskan program KB demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama warga NU. Disebutkan ada dua keuntungan mengikuti KB, yakni soal pendidikan dan ekonomi. "Dengan keluarga kecil kita harapkan ekonomi keluarga akan lebih baik sehingga anak bisa memperoleh pendidikan tinggi. Masyarakat akan lebih sejahtera dan bahagia. Dua anak lebih baik," katanya.

Menurut Bidang Organisasi YKM NU Jawa Tengah, Kausar Ausafiyah, program KB ini dilombakan untuk memacu semangat para pengurus Muslimat. Dari 35 kabupaten atau kota nantinya akan dipilih tiga yang terbaik. "Wilayah yang berhasil meraih akseptor terbanyak yang akan memenangkan lomba. Masing-masing jenis program KB diberi nilai berbeda-beda," kata dia.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Magelang, Dra Noer Istikomah mengatakan, bahwa mengikuti KB tidak hanya soal membatasi kelahiran namun juga menjaga jarak kelahiran. Dengan pengaturan yang tepat diharapkan kualitas keluarga anggota Muslimat NU akan meningkat.

Ditegaskan, bahwa KB tidak hanya tanggung jawab pemerintah namun juga ormas seperti Muslimat NU. Dia optimis program KB Muslimat NU ini akan berhasil. "Kami menargetkan bisa memperoleh 7.068 akseptor KB baru," kata Noer.sm/mil

Mutiara Hadits

Mendamaikan orang dengan adil

Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah Saw bersabda, "Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan shadaqahnya setiap hari ketika matahari terbit.

Selengkapnya...