Ibu Berperan Besar dalam Pembentukan Karakter Bangsa

MEDAN-Peran kaum ibu sangat besar dalam pembentukan karakter calon-calon generasi bangsa. Kemudian, peran kaum ibu juga sangat vital dalam pemerintahan, tidak terkecuali Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pempropsu). Sebab, pembentukan karakter dimulai dari keluarga, yang di dalamnya sangat dipengaruhi seorang ibu.

Hal ini dikatakan Wagubsu Gatot Pudjo Nugroho, saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Lahir (Harlah) ke 65 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Medan, Selasa (29/3). "Karena itu, atas nama Pempropsu saya menitipkan pembangunan karakter generasi bangsa kepada ibuibu, termasuk kepada Muslimat NU," kata Gatot.

Peran yang besar dan strategis itu, lanjut Gatot, hendaknya dioptimalkan untuk perbaikan pola pikir dan karakter anak bangsa ke depan. Hal ini demi kemajuan
bangsa dan memajukan peradaban anak bangsa yang akan menjadi cikal bakal pimpinan di daerah dan negara.

Upaya tersebut, kata Gatot, telah dilaksanakan Muslimat NU Sumut dengan berbagai program dakwah melalui kegiatan-kegiatan majelis taklim dan beberapa kegiatan dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Bahkan, katanya, dengan kegiatan koperasi yang dilakukan Muslimat NU telah menghasilkan generasi yang pandai dalam manejerial dan tata kelola keuangan.

"Dengan demikian, peringatan hari lahir ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai sarana dan wadah silaturahmi antara pengurus besar, pengurus wilayah dan seluruh anggota dalam rangka sumbang saran pemikiran-pemikiran baru yang urgensinya untuk peningkatan pembinaan dan pengembangan organisasi ke depan," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Gatot mengingatkan agar para ibu yang tergabung dalam Muslimat NU bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dalam setiap kegiatannya. Sebab, katanya, banyak hal positif yang bisa diambil untuk menjadikan upaya perbaikan karakter anak bangsa yang baik di tengah era teknologi sekarang ini.

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumut Afifuddin Lubis, dalam sambutannya menegaskan dukungan PWNU untuk setiap program Muslimat NU Sumut. Menurutnya, tanpa Muslimat NU kegiatan-kegiatan yang dilakukan PWNU baik dakwah dan pelayanan umat akan terasa kurang lengkap.

"Untuk itu, kami berharap Muslimat NU terus berkarya dan meningkatkan kegiatan- kegiatan dakwah dan pelayanan ummat semakin baik di masa yang akan datang," katanya.
Ketua Muslimat NU Sumut Alina Hanum Nasution menyebutkan, selaku organisasi perempuan, Muslimat NU terus berupaya meningkatkan segala bentuk kegiatankegiatan untuk pembentukan karakter anak bangsa.(mil)

Mutiara Hadits

Puasa

"Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan, kemudian ia iringi enam hari pada bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa satu tahun." (HR Muslim)